Cara Mudah Menanam Bunga dalam Pot

Memiliki rumah yang banyak dihiasi oleh beragam jenis bunga akan menyegarkan udara dan memanjakan mata. Maka dari itu, banyak sekali orang yang mencari cara bagaimana menanam bunga yang mudah, dan tidak memakan banyak tempat.

Saat ini, bunga tidak hanya ditempatkan di halaman rumah saja, tetapi dapat ditempatkan di berbagai posisi di dalam rumah. Begitupun dengan media penyimpanan bunga yang kian beragam.

Untuk mewujudkan sebuah rumah yang dihiasi oleh aneka bunga, Kami akan memberikan Anda ilmu mengenai cara menanam bunga dengan mudah tanpa space yang banyak.

1. Siapkan Bahan dan Peralatan

  • Pot

Belilah pot sesuai dengan luas space pekarangan anda, jangan sampai pot ini mengganggu aktivitas anda di rumah.

  • Tanaman Bunga

Jika pekarangan anda terbuka dan langsung mendapat paparan sinar matahari, disarankan untuk membeli bunga mata kucing, pentas, bougenville, lidah mertua, atau portulaca. Namun jika pekarangan anda tidak langsung terkena paparan sinar matahari atau tempatnya teduh dan lembab disarankan untuk membeli bunga hosta lily, peace lily, sansevireria, lidah buaya, lucky bamboo, anggrek bulan, begonia, atau bleeding heart karena jenis bunga ini tidak membutuhkan banyak paparan sinar matahari dan membutuhkan tempat yang teduh agar dapat bertumbuh kembang secara maksimal.

  • Pupuk Organik

Pupuk organik berguna untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah sehingga dapat mempengaruhi dan meningkatkan kualitas dari tanaman tersebut dalam jangka panjang. Pupuk organik bisa dibeli langsung melalui kontak kami.

  • Media Tanam

Media tanam yang digunakan bisa menggunakan tanah atau sekam.

  • Sekop/wadah mangkok

Bertujuan untuk memasukkan tanah dan pupuk organik.

2. Isi pot dengan tanah/sekam

Pot diisi dengan tanah/sekam seperempat dari pot yang ada, karena di atasnya akan diberi tanaman sehingga tanaman tidak terlalu menjulang ke atas. Disarankan untuk mencampur tanah/sekam dengan pupuk organik agar pupuk organik dapat merata dengan sempurna tidak hanya di atas permukaan tanah.

3. Pindahkan bunga ke pot

Pindahkan bunga dari polybag ke pot yang sudah diisi tanah/sekam seperti step sebelumnya dengan cara menyobek polybag dan mengurangi sekam atau tanah yang menempel pada akar bunga yang akan ditanam. Tetapi tetap diperhatikan jangan sampai akarnya ikut tercabut pada saat proses pembersihan tanah/sekam. Tanah/sekam yang dihilangkan tidak usah terlalu banyak, sesuaikan dengan kedalaman pot yang anda beli.

4. Berikan pupuk organik secukupnya

Berikan pupuk organik ke dalam pot yangsudah terdapat tanaman bunganya.

5. Tutup dengan media tanam

Setelah memindahkan tanaman ke dalam pot, selanjutnya tutup akar bunga dengan tanah/sekam (lebih dianjurkan yang sudah dicampur dengan pupuk organik) sesuai dengan ketinggian pot yang digunakan.

6. Beri pupuk organik

Berikan pupuk organik di seluruh permukaan tanah/sekam di dalam pot tersebut. Penggunaan pupuk organik khusunya pupuk organik Selaras Alami yang berlebihan tidak akan menimbulkan efek samping negatif karena pupuk organik kami berbahan dasar alami, asli dari kotoran hewan dan bahan baku lainnya yang berguna serta bermanfaat untuk kesuburan tanah dan perkembangan tanaman. Selain itu Pupuk organik Selaras Alami juga diperkaya dengan mikroba aktif yang bermanfaat dalam membantu tanaman dalam menguraikan makanan untuk tanaman tersebut.

Menanam tanaman atau bunga tidak semerepotkan yang kita bayangkan. Prosesnya cukup mudah tetapi perlu penanganan khusus agar tanaman bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Sampai disini dulu ya, pembahasan pada artikel kali ini mengenai cara menanam bunga dengan mudah tanpa space banyak. Semoga bermanfaat ya, terima kasih.

 

Post a Comment